Sunday, December 12, 2010

Prinsip Dasar "Trading Stodex Futures"

Bagi anda yang sedang mempertimbangkan untuk berinvestasi Stodex  Futures atau bahkan sudah berinvestasi dibisnis ini,ada baiknya anda mengetahui prinsip dasar trading yang juga merupakan prinsip dasar investasi secara umum.Prinsip ini sebenarnya sudah biasa kita dengar hanya saja seringkali terlupakan dan menggunakannya seringkali kurang tepat dan cermat khususnya saat Trading Stodex Futures.

Yang pertama adalah "Buy low and Sell high" sekilas memang pengertiannya sangat mudah namun dalam menerapkannya anda harus cermat mengamati pergerakan harga.Untuk mencermati pergerakan harga ini sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui kondisi market yang sedang terjadi.Ada dua jenis kondisi market dalam perdagangan berjangka yaitu ; Contango Market alias Normal Market dan Backwardation Market alias Inverted Market. Ciri-ciri dari Contango Market ini ditandai dengan Basis Negative, sementara Backwardation Market memiliki ciri-ciri yang ditandai dengan Basis Positive. Basis adalah perbedaan antara Spot Price dengan Futures Price.Apabila anda telah mengetahui karakter market yang sedang terjadi anda akan lebih mudah untuk menerapkan strategi trading yang akan anda gunakan.Ketika yang terjadi adalah Contango market maka prinsip trading yang pertama merupakan pilihan yang paling pas untuk anda gunakan,karena pergerakan harga dalam kondisi market ini cendrung akan bergerak dua arah sehingga kalaupun saat entry pertama anda Floating loss biasanya harga akan melakukan koreksi kearah harga semula. Dan dalam kondisi seperti ini anda juga dapat melakukan averages posisi sehingga harga rata-ratanya menjadi lebih tinggi/rendah.
Prinsip trading yang kedua adalah "Buy or Sell What you Know and Know What you Buy or Sell" prinsip trading ini sangat tepat digunakan saat Backwardation Market, karena pergerakan harga dalam kondisi ini cendrung satu arah.Pergerakan harga yang terjadi biasanya sangat dipengaruhi faktor fundamental ekonomi yang diikuti dengan faktor keadaan politik artinya penggunaan teknikal faktor hanya untuk entry poinnya saja sementara trennya ditentukan oleh kedua faktor tersebut. Dengan demikian apabila anda telah mengetahui adanya kondisi ini keputusan harus segera diambil agar anda tidak ketinggalan harga karena pergerakan harga biasanya sangat cepat artinya apabila sifatnya positive ambil posisi Buy dan sebaliknya apabila negative segera ambil posisi sell. Nah, dari uraian singkat ini semoga anda dapat lebih cermat dalam melakukan  Trading Stodex Futures dan memperoleh keuntungan yang anda harapkan. 

No comments:

Post a Comment